Buku Agenda Kegiatan Siswa Bulan Ramadhan

Buku Agenda Kegiatan Siswa Bulan Ramadhan
Buku Agenda Kegiatan Siswa Bulan Ramadhan, buku panduan kegiatan siswa pada bulan ramadhan yang kami bagikan ini hanya sebuah referensi bagi rekan guru dalam implementasi kegiatan pesantren kilat pada bulan puasa atau shaum, dalam buku ini berisi materi-materi kegiatan serta format evaluasi dalam kegiatan harian siswa,

 Aplikasi Jadwal Ramadhan Berbasis Sistem Pakar Otomatis Hingga Kabupaten/Kota 
  1. Tadarus Al Qur’an
    Tadarus Al Quran dilaksanakan di kelas masing-masing dengan bimbingan guru serta tutor sebaya. Tutor sebaya ini adalah teman-teman mereka sendiri yang memang memiliki kemampuan lebih di bidang membaca Al Qur’an. Dengan tadarus Al Qur’an maka siswa akan dilatih agar terbiasa membaca Al Qur’an. Membaca Al Qur’an merupakan sebuah amalan mulia yang dapat mencerahkan lahir batin, sebagai syafaat di hari kiamat, menghindarkan azab kubur dan mendapat petunjuk serta pertolongan dari Allah SWT.
  2. Shalat dhuha, dzuhur dan ashar secara berjamaah
    Shalat dzuhur dan ashar ini dilaksanakan secara berjamaah di ruang Aula besar yang dapat menampung seluruh siswa. Di sekolah memang ada mushola namun belum cukup jika untuk menampung semua siswa jadi panitia pesantren kilat menggunakan Aula besar untuk digunakan shalat berjamaah. Insyaallah ke depannya akan dibangun Masjid sekolah. Siswa disini dilatih agar melaksanakan shalat dengan tepat waktu. Pesantren kilat ini setiap harinya dimulai dari pukul 07.00 WIB s/d 15.30 WIB setelah shalat ashar berjamaah. Para siswa dipulangkan lebih awal agar mereka siap-siap melakukan ibadah di masjid di rumahnya masing-masing, khususnya shalat magrib, isya, tarawih dan witir. Ada penugasan yang diberikan oleh guru kepada siswa terkait kegiatan yang dilakukan selama di bulan Ramadhan.
Lomba membaca Al Qur’an
Lomba membaca Al Qur’an ini dilaksanakan untuk membiasakan siswa membaca Al Qur’an. Siswa akan menjadi termotivasi untuk menunjukkan kemampuannya dalam membaca Al Qur’an dan mendorong siswa yang lain agar terus meningkatkan kemampuannya dalam membaca Al Qur’an.

DOWNLOAD BUKU PANDUAN KEGIATAN RAMADHAN