Soal PAS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Soal PAS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Soal PAS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017, Soal UAS Kelas 4 SD/MI K13 Revisi 2017 semester dua atau genap, dengan kisi-kisi dan kunci jawaban, prediksi atau latihan soal Ujian tengah semester ini terdiri dari beberapa tema dan subtema, dan pastinya kumpulan soal ini bisa dilakukan proses edit penyesuaian dengan indikator pencapaian kompetensi yang bapak/ibu buat di sekolah.

Soal PAS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi, sebagai berikut dibawah ini, namun sebelumnya kami tunjukkan beberapa contoh soal yang terintegrasi dengan 4C dan HOTS, semoga bisa bermanfaat bagi rekan guru semua di sekolah pelaksana K13.

Contoh Soal PAS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Asal Warna BaikDi zaman kuno di Jawa Barat, ada raja dan ratu yang belum diberkati dengan anak-anak. Padahal, mereka sudah menunggu bertahun-tahun. Akhirnya, Raja memutuskan untuk berdoa di hutan.Di dalam hutan Raja terus berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Raja meminta agar anak tersebut diberikan. Doa Raja dipenuhi. Ratu melahirkan seorang bayi perempuan. Raja dan Ratu sangat bahagia. Semua orang juga bersukacita atas kelahiran Raja Raja.Raja dan Ratu sangat mencintai putrinya. Mereka juga sangat dimanjakan. Semua keinginannya dipatuhi. Jangan merasa bahwa Putri telah tumbuh menjadi gadis yang cantik. HariUmurnya tujuh belas tahun. Raja mengadakan pesta besar.Semua orang diajak ke pesta.

Baca juga
Soal PTS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Raja dan Ratu telah menyiapkan kalung khusus kalung. Kalung itu terbuat dari batu permata berwarna-warni. Di pesta itu, sang Raja menyerahkan kalung itu."Kalung ini adalah hadiah dari kami. Dengar, cantik kan? Anda akan menyukainya, "kata sang Raja.Raja sedang bersiap untuk mengikat kalung itu ke leher putrinya. Itu diluar dugaan, Putri menolak memakai kalung itu."Saya tidak suka kalung ini, Dad," dia mengocoknya dengan marah. Raja dan Ratu terkejut. Kemudian, sang Permaisuri mencoba membujuk putrinya dengan lembut. Sang ratu mendekat dan hendak mengenakan kalung itu di leher putrinya."Saya tidak mau! Saya tidak suka kalung itu! Kalung itu jelek! "Teriak Putri, mengocok tangan sang Ratu.Tanpa niat, kalung itu jatuh. Permata di lantai. Permaisuri sangat sedih. Permaisuri duduk dan menangis. Teriakan Ratu sangat sedih. Semua orang yang hadir sedang menangis. Mereka sedih melihat tingkah anak perempuan merekamenyukainyaTanpa diduga, air mata tumpah di lantai berubah menjadi aliran air. Air mengalir dari permata yang terpencar.Air mengalir keluar dari istana dan membentuk sebuah danau. Anehnya, danau berwarna-warni seperti warna kalung Putri. Kini danau ini dikenal dengan sebutan Telaga Warna.Diadaptasi dari: Dian K, 100 Folklore Nusantara, Jakarta: Bhuana Popular Science, 2014.


Jurnal Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita di depan.1. Siapa tokoh dalam cerita?.................................................................................2. Dimana Raja melakukan pertapaan?.................................................................................3. Hadiah apa yang Raja dan Ratu siapkan untuk ulang tahun putrinya?.................................................................................4. Mengapa Ratu berduka dan menangis?.................................................................................5. Bagaimana karakter Putri dalam cerita?.................................................................................Lingkungan mempengaruhi penghidupan masyarakat di suatu daerah. Penghidupan penduduk di suatu daerah berbeda dari daerah lain. Penghidupan penduduk di wilayah pesisir berbeda dengan dataran rendah dan dataran tinggi. Simak penjelasan berikut.1. Penduduk di wilayah pesisir merupakan mata pencaharian sebagai nelayan, peternakan petani, pedagang, petani garam, dan pengrajin.2. Warga di daerah dataran rendah dipekerjakan sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.3. Warga di daerah dataran tinggi adalah mata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, seperti teh, kopi, dan cengkeh.


KKM Matematika Kelas 4 SD K13 RevisiSelain itu, warga yang tinggal di desa tersebut juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan warga di kota. Lebih banyak orang di desaMata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sementara warga di kota dipekerjakan sebagai pekerja layanan (pegawai bank, konsultan, pengacara, supir), karyawan, pedagang, dan pekerja pabrik.

Cobalah !
1. Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?
………………………………………………………………………
2. Mengapa penduduk di desa dan di kota memiliki mata pencaharian yang berbeda?
………………………………………………………………………
3. Apa perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi?
………………………………………………………………………
4. Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya.

………………………………………………………………………