RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 2 K13 Revisi 2017

RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 2 K13 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 2 K13 Revisi 2017, atau RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 jenjang SD/MI pada semester dua atau genap yang kami bagikan lengkap semua tema dan subtema tiap pembelajarannya, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini merupakan administrasi yang tak lepas dari guru kelas guna melaksanakan KBM yang baik.
RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 2 K13 Revisi 2017 kami sajikan pada semester genap dengan tema-tema dibawah ini.

  • Tema 5 Volume Bangun Ruang
  • Tema 6  Jaring Bangun Ruang
  • Tema 7 Penyajian Data Tunggal
  • Tema 8  Interpretasi Data

Contoh RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 2 K13 Revisi 2017


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat 
1. Menyajikan data dalam bentuk tabel dan sejenisnya
2. Menentukan data terendah dari tabel data.
3. Menentukan data tertinggi dari tabel data
Kompetensi Dasar (KD)
3.7 Menjelaskan data yang berkaitandengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
4.7 Mengidentifikasi data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7.1 Menganalisis cara penyajian data
3.7.2 Menganalisis masalah yang berkaitan dengan penyajian data tunggal
3.7.3 Memahami berbagai bentuk penyajian data tunggal
4.7.1 Menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis untuk menyelesaikan masalah
4.7.2 Menggunakan diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis untuk menyelesaikan masalah

C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Fakta:
Contoh-contoh gambar berbagai jenis penyajian data 
2. Konsep
a. Diagram adalah suatu representasi simbolis informasi dalam bentuk geometri dua dimensi sesuai teknik visualisasi.
b. Statistika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari metode yang paling efisien tentang cara cara pengumpulan, pengolahan, penyajian serta analisis data, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan data dan analisa yang dilakukan.
3. Prinsip
Mengidentifikasi data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
4. Prosedur
a. Menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis untuk menyelesaikan masalah
b. Menggunakan diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis untuk menyelesaikan masalah


Download RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Religius)
2. Memeriksa kehadiran peserta didik (PPK: Disiplin)
3. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya:Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jaring-jaring balok.
2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 
3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. 
Motivasi
1. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: 
a. Penyajian data tunggal
b. Cara menyajikan data tunggal
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4. Mengajukan pertanyaan. 
Pemberian Acuan
1. Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2. Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3. Pembagian kelompok belajar
4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Link kami sematkan dibawah ini: