Kurikulum dan Capaian Kelulusan Sertifikasi PPGJ

Kurikulum dan Capaian Kelulusan Sertifikasi PPGJ. Mulai 2006 guru baru seharusnya lulusan PPG ...masa transisi 10 tahun untuk guru baru tercantum dlm UU 14/2005. PPG Prajab. PPG seharusnya menghasilkan calon guru sebanyak guru baru (pengganti pensiun, unt sekolah yg kurang guru dan USB), sesuai dg jenisnya. Sejak 2016 Guru PNS (K-2) yg tidak memiliki sertifikat pendidik diangkat sbg “fungsional umum” dan bukan guru.

Peraturan Pemerintah No. 19/2017, pasal 66. (l) Bagi Guru Dalam Jabatan Yang Diangkat Sampai dengan akhir tahun 2015 dan sudah memiliki Kualilikasi akadembelum memperoleh Sertifikat Pendidik dapat memperoleh Sertifikat Pendidik melalui Pendidikan profesi Guru PPG Daljab.

Kurikulum dan Capaian Kelulusan Sertifikasi PPGJ

CapaianPembelajaran Lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Pedagogik
Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk merencanakan, melaksanakan, menilai dan mengevaluasi pembelajaran.
Kepribadian
Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang membentuk kepribadian guru yang mencerminkan perilaku ahklak mulia,kearifan, dan kewibawaan sehingga menjadi teladan bagi peserta didik.
Sosial
Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan beradaptasi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali dan masyarakat sekitar.
Profesional
Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan tentang struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang harus dimiliki, dikuasai, dihayati, dan diaktualisasikan oleh guru.

Struktur dan Model Kurikulum Program PPG

  1. Lokakarya pengembangan perangkat pembelajaran disertai dengan penguatan kompetensi pedagogik atau bidang studi dan keprofesian; serta rencana penelitian tindakan. 60 % (enam puluh persen)
  2. Praktik Pengalaman Lapangan 40% (empat puluh persen)
STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM PPG DALAM JABATAN
Kurikulum dan Capaian Kelulusan Sertifikasi PPGJ

 Selengkapnya klik unduh Materi PPG Dalam Jabatan