Aplikasi Laporan Pertanggung Jawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah Dari BOS Kemdikbud

13 Komponen BOS
Bantuan Operasional (BOS) adalah program pemerintah yang pada dasarnya untuk penyediaan pendanaan biaya operasional biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program program wajib belajar, sasaran dana BOS itu sendiri pada Jenjang Sekolah Dasar, Jenjang Sekolah Menengah Pertama serta Jenjang Sekolah Menengah Atas.

Dana BOS digunakan untuk membiayai 13 komponen yang selengkap nya bisa bapak/ibu lihat pada Juknis BOS Tahun 2016 .

Guna pelaporan untuk pertanggung jawaban pengelolaan yang baik dalam administrasi yang biasanya dibuat langsung oleh bendahara sekolah maka rekan-rekan sekolah di sediakan secara gratis oleh BOS Kemdikbud aplikasi pelaporan dana BOS yaitu yang kita kenal dengan ALPEKA BOS.

Alpeka BOS tahun 2016, ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah) adalah aplikasi  berbasis excel untuk membantu sekolah dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan tingkat sekolah.

Aplikasi ini  dikembangkan atas bantuan program PRIORITAS-USAID. Aplikasi ini bermanfaat untuk memudahkan sekolah dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam Petunjuk Pelaksanaan program BOS.  Salah satu hasil akhir dari aplikasi ini adalah format BOS K-7 yang selanjutnya digunakan untuk diisikan di Laporan Penggunaan Dana BOS secara online.

Aplikasi ini disertai dengan pedoman penggunaannya sehingga setiap sekolah dapat belajar mandiri. Aplikasi ini tidak diperjual-belikan. Sekolah dapat mengunduh/download secara gratis.