Buku Panduan Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan) dari Ditjen GTK Kemdikbud

Buku Panduan Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan) dari Ditjen GTK Kemdikbud
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang
sangat penting dalam pencapaian visi kemendikbud 2015-2019. Oleh karena itu,profesi guru harus terus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi diperlukan sistem pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung peran guru sebagai guru pembelajar. Salah satu upaya pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk mendukung guru sebagai Guru Pembelajar adalah mengembangkan sistem “Guru Pembelajar Moda Daring” yang berkualitas baik untuk guru, kepala sekolah, pengawas dan tenaga kependidikan lainnya.

Guru Pembelajar Moda daring ini terdiri dari 3 (tiga) model yaitu GP Moda Daring
Penuh-Model 1, GP Moda Daring Penuh-Model 2, dan GP Moda Daring Kombinasi. GP Moda Daring Penuh-Model 1 hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Selama proses pembelajaran, peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring oleh pengampu. GP Moda Daring Penuh-Model 2 melibatkan pengampu, mentor, dan peserta. GP moda daring model ini
menggabungkan interaksi antara peserta dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring. Sedangkan pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap muka.

Interaksi belajar secara daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi
informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sedangkan interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan peserta GP lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi oleh seorang mentor.
Silakan unduh buku manual dibawah ini sesuai dengan peruntukkannya.
Buku manual ini memberikan gambaran rinci tentang teknis penggunaan moda untuk Guru Pembelajar (GP) dengan menggunakan moda daring (dalam jaringan). Buku manual GP moda daring ini disusun sebagai pegangan bagi peserta, mentor, dan pengampu dalam melaksanakan dan menjamin serta
meningkatkan mutu program GP moda daring. Buku manual ini memuat penjelasan secara detail tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam GP moda daring sesuai dengan petunjuk pelaksanaan GP secara umum.